Kantor Hukum MZA & Patners Dan Kantor Pusat Peyelesaiyan Permasalahan Warga Negara Indonesia Di Malaysia (P3WNI). Muhamad Zainul Arifin, SH, MH, DPMP, DBSMT, DPLD

Senin, 30 Maret 2020

Komisi IX DPR Minta Kemenaker Kirim Bantuan kepada Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/03/27/komisi-ix-dpr-minta-kemenaker-kirim-bantuan-kepada-pekerja-migran-indonesia-di-malaysia

Komisi IX DPR Minta Kemenaker Kirim Bantuan kepada Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

tribunnews
GOH CHAI HIN / AFP
Seorang pengemudi becak mencari penumpang di Penang pada hari pertama lockdown sebagian di Malaysia pada 18 Maret 2020 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk mengirim bantuan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Malaysia.
Sebab, sejak pemberlakuan lockdown di Malaysia, banyak PMI yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan logistik.
Terlebih pemerintah Malaysia sudah mengumumkan perpanjangan lockdown hingga 14 April mendatang.
Jika virus corona belum mereda, tidak tertutup kemungkinan lockdown akan diperpanjang lagi.
Hal itu disampaikannya melalui keterangan pers yang telah dikonfirmasi Tribunnews, Jumat (27/3/2020).
"Saya menerima banyak pengaduan terkait masalah ini. Termasuk dari organisasi Pusat Penyelesaian Permasalahan WNI di Malaysia dan juga dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia. Saya kira ini tidak bisa dikesampingkan. Kementerian ketenagakerjaan harus segera merumuskan langkah dalam memberikan bantuan kepada mereka," kata Saleh.
Dia mengatakan bantuan tersebut perlu diberikan mengingat para PMI di Malaysia banyak yang bekerja di sektor informal seperti buruh bangunan, buruh pabrik, restoran, cleaning service, dan lain-lain.
Mereka yang bekerja di sektor informal ini rata-rata menerima gaji harian atau mingguan.
Dengan kondisi lockdown itu, dipastikan mereka tidak bisa bekerja, terutama mereka yang tidak memiliki kontrak kerja resmi.
“Pihak majikan tentu dengan mudah melepas mereka tanpa beban. Akibatnya, mereka akan tinggal di rumah atau tempat kos-kosan tanpa penghasilan. Menurut informasi yang saya terima, persediaan dan tabungan mereka saat ini sudah sangat tipis sekali. Belum tentu bisa bertahan sampai pertengahan April nanti," ujarnya.

Politikus PAN tersebut mengatakan pemerintah dapat memberikan bantuan kepada para PMI di Malaysia.
Bantuan tersebut dapat berupa makanan dan minuman (sembako) selama masa lockdown diberlakukan.
Selain itu, PMI kita juga berharap dapat diberi bantuan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya.
Dan bagi yang ingin pulang ke kampungnya, agar difasilitasi dan diberikan kemudahan.
"Soal pemberian sembako dan alat kesehatan, saya kira bisa dilakukan oleh perwakilan kita di sana. Kalau bisa, atase ketenagakerjaan kita diminta untuk membantu mereka. Sementara soal kepulangan, perlu diplomasi dengan pihak otoritas Malaysia. Sebab, dalam situasi lockdown seperti ini tentu tidak mudah untuk meminta izin agar mereka bisa dipulangkan. Perlu dirumuskan jalan terbaik untuk mengatasinya," katanya.
"Yang paling penting, menurut saya, kehadiran pemerintah harus dirasakan oleh mereka. Mereka juga adalah warga negara kita yang sedang berjuang untuk keluarganya. Kita doakan yang terbaik bagi mereka semua," imbuhnya.
Sebelumnya, penerapan sistem penguncian (lockdown) dan pembatasan interaksi fisik maupun sosial (physical atau social distancing) yang diberlakukan secara nasional di Malaysia akan diperpanjang hingga 14 April mendatang.
Pernyataan tersebut disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin pada Rabu waktu setempat.
Dikutip dari laman Malay Mail, Rabu (25/3/2020), dalam pidatonya itu, ia mengatakan bahwa dirinya memperoleh informasi dari Dewan Keamanan Nasional (NSC) serta Kementerian Kesehatan Malaysia terkait terus meningkatnya jumlah kasus yang disebabkan virus corona (Covid-19). 
"Tren ini diperkirakan akan berlanjut, ini pertanda bahwa pemerintah harus melanjutkan lockdown untuk periode waktu yang lebih lama," kata Muhyiddin.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

indonesai

Office Address

Epicentrum Walk, 5th Floor, Suites South 529A JL. HR. Rasuna Said, Karet Kuningan Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940 Phone: (+6221) 568 2703, Fex: (+6221) 560 2810 Handphone: +62 823 1014 5845, Email: mzalaw01@gmail.com