Kantor Hukum MZA & Patners Dan Kantor Pusat Peyelesaiyan Permasalahan Warga Negara Indonesia Di Malaysia (P3WNI). Muhamad Zainul Arifin, SH, MH, DPMP, DBSMT, DPLD

Senin, 30 Maret 2020

Tiba di Batam, 81 TKI Dideportasi dari Malaysia Disemprot Disinfektan

https://news.detik.com/berita/d-4952042/tiba-di-batam-81-tki-dideportasi-dari-malaysia-disemprot-disinfektan

Tiba di Batam, 81 TKI Dideportasi dari Malaysia Disemprot Disinfektan

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 21:06 WIB
Petugas menyemprotkan disinfektan ke TKI yang tiba di Pelabuhan Internasional Batam (Agus Siagian/detikcom) 
Petugas menyemprotkan disinfektan ke TKI yang tiba di Pelabuhan Internasional Batam. (Agus Siagian/detikcom)
Batam - 
Setelah memberlakukan lockdown terkait wabah Corona, otoritas Malaysia mendeportasi 141 pekerja migran Indonesia. Deportasi dilakukan dalam dua tahap pemberangkatan menggunakan feri tujuan Pelabuhan Feri Internasional Batam Center.
Pada keberangkatan pertama, ada 81 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tiba di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center pada Selasa (24/3/2020) siang. Sedangkan tahap kedua, 60 TKI diberangkatkan dari Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Malaysia, pada Rabu (25/3) besok.
Sejumlah petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Imigrasi, dan Polda Kepulauan Riau siaga di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center dengan seragam alat pelindung diri (APD) dan alat semprot disinfektan. Para PMI yang keluar dari feri langsung disemprot disinfektan.
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Achmad Farchanny, mengatakan penyemprotan disinfektan merupakan bagian dari prosedur pemeriksaan kesehatan dan karantina wajib dilalui oleh para PMI.
Petugas menyemprotkan disinfektan ke TKI yang tiba di Pelabuhan Internasional Batam. (Agus Siagian/detikcom)
"Sebanyak 81 migran Indonesia yang dideportasi dari Pelabuhan Feri Stulang Laut Johor Bahru Malaysia wajib menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan yang diaturkan Kementerian Kesehatan," ujar Achmad.
Achmad juga menambahkan seluruh pekerja migran yang tiba hari ini dan besok akan diberangkatkan menuju Kota Tanjung Pinang dengan pengawalan ketat dari Polda Kepri.
Rencananya, 81 migran ini juga akan diobservasi Tim Gugus Tugas COVID-19. Pemeriksaan kembali dilakukan di Rumah Perlindungan Trauma Crisis Center bagi tenaga kerja Indonesia yang ada di Kota Tanjung Pinang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

indonesai

Office Address

Epicentrum Walk, 5th Floor, Suites South 529A JL. HR. Rasuna Said, Karet Kuningan Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940 Phone: (+6221) 568 2703, Fex: (+6221) 560 2810 Handphone: +62 823 1014 5845, Email: mzalaw01@gmail.com